Sebagian orang ingin mempunyai perawakan badan yang tinggi dan ideal. Memiliki postur yang tinggi memang banyak di idamkan oleh banyak orang. Untuk itu ada beberapa tips cara meningkatkan tinggi badan secara drastis di usia remaja (10 – 24 tahun).

Selain berat badan, tinggi badan juga harus diperhatikan agar badan terlihat ideal. Kebanyakan orang yang kurang merasa tinggi akan melakukan segala cara agar menambah ketinggian badannya secara simpel. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu akan kesadaran kesehatannya dan malah menggunakan cara jalan pintas dengan meminum obat-obatan kimia.

Di sisi lain, meningkatkan tinggi badan tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena dikhawatirkan bisa merusak sistem otot,tulang,dan sendi. Meninggikan badan secara alami adalah metode yang mudah dan aman untuk anda di usia remaja yang kurang percaya diri.

Cara Meninggkatkan Tinggi Badan:

1. Olahraga Stretching

Adalah termasuk olahraga meninggikan badan merupakan gerakan pemanasan yang pada umumnya dilakukan sebelum olahraga. Beberapa jenis gerakan olahraga stretching dinamis yang bisa anda lakukan dirumah:

  • Spinal rotation, gerakan ini biasa dilakukan untuk meregangkan tubuh bagian atas.
  • Leg pendulum, gerakan ini akan membuat otot kaki rileks sehingga meminimalisir cedera atau kram ketika olahraga.
  • Large arm circles, gerakan ini guna membuat otot bahu dan lengan lebih rileks.

Manfaat olahraga stretching yang sering dilakukan dirumah dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki postur tubuh, dan dapat meredakan stres.

2. Olahraga Lari, olahraga secara alami yang kedua, kali ini adalah jogging dan lari. Jogging atau berlari adalah olahraga yang dapat mempercepat pertumbuhan tinggi badan, waktu yang tepat untuk olahraga lari dan jogging adalah pada pagi hari dan sore hari berguna untuk menstimulus pertumbuhan tulang pada kaki.

3. Olahraga Lompat Tali, olahraga yang dapat meningkatkan tinggi badan lainnya yaitu lompat tali. Lompat tali merupakan olahraga yang dapat dilakukan dimana saja dan memiliki segudang manfaat antara lain:

  • Menguatkan tulang kaki
  • Mengencangkan otot kaki
  • Menstimulasi pertumbuhan tinggi badan
  • Memperkuat sendi kaki
  • Memperbaiki postur kaki menjadi ideal

4. Olahraga Renang, olahraga selanjutnya yang dapat meningkatkan tinggi badan adalah berenang. Renang menjadi olahraga yang paling diminati untuk para pejuang peninggi badan, olahraga renang dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung meningkatkan tinggi badan. Selain itu, olahraga berenang juga membuat otot-otot seluruh badan ikut bergerak (bekerja) sehingga olahraga ini sangat cocok untuk anak-anak dan remaja guna meningkatkan stimulus perkembangan otot dan tulang. Adapun berikut gaya berenang yang disarankan untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan:

  • Gaya bebas (Free Style)
  • Gaya kupu-kupu (Butterfly Stroke)
  • Gaya punggung (Back Stroke)
  • Gaya dada (Breast Stroke)

5. Olahraga Yoga, latihan yoga yang berfokus pada peregangan akan meningkatkan fleksibilitas tubuh yang nantinya akan membantu dalam mencapai postur tubuh yang baik dan meningkatkan tinggi badan. Yoga juga dapat membantu meluruskan sumsum tulang belakang yang mungkin sedikit membungkuk karena gaya posisi duduk yang salah dan seringnya membawa beban yang berat. Peregangan yang merupakan bagian dari integral yoga ini dapat kamu terapkan atau bisa dilakukan dirumah secara mandiri.

5 Pose Yoga Integral (Peregangan)

  1. Hasta Padasana, merupakan gerakan pose berdiri menekuk ke depan.
  2. Adho Mukha Svanasana, merupakan gerakan yang biasa disebut “Anjing kebawah” ini dilakukan dengan posisi merangkak dengan kedua telapak tangan menyentuh.
  3. Bhujangasana, merupakan pose yang biasa disebut Pose Kobra ini dilakukan dengan posisi berbaring tengkurap di atas matras kemudian tarik nafas dan angkat dada dengan meluruskan kedua lengan.
  4. Paschimottanasa, biasa disebut posisi duduk yang menekuk kedepan, pose ini bekerja sangat baik memberikan peregangan pada tulang belakang dan paha.
  5. Trikonasana, merupakan pose membentuk segitiga Dangan cara berdiri tegak dengan kaki terbuka lebar, kemudian putar ke arah samping atau disarankan ke samping kanan.

Itulah cara untuk meningkatkan tinggi badan versi SundaXploit yang merangkum dari berbagai sumber terpercaya untuk anda yang sedang risau mencari cara alami dan mudah.

Catatan: Cara ini harus anda lakukan secara rutin dilakukan, dan jaga pola makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *