Inilah 4 tahap cara mengamankan akun media sosial dari serangan peretas yang ingin mengambil alih akun media sosial kita untuk tujuan kejahatan.

Di jaman Era Digital ini, teknologi semakin pesat dengan di dorongnya kecepatan internet tanpa batas. Salah satu faktor dari kemajuan Era Digital adalah banyaknya antusiasme masyarakat yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Namun terkadang sebagian masyarakat ini tidak tahu pentingnya kesadaran terhadap keamanan akun media sosial nya, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok.

Oleh karena itu ada tahapan cara untuk mengamankan akun media sosial kita seperti news.sundaxploit.id yang merangkum dari berbagai sumber untuk membantu dalam mengamankan akun media sosial anda.

Cara Mengamankan Akun Media Sosial

1. Penggunaan Password Yang Kuat

Cara mengamankan akun media sosial yang pertama yaitu gunakan kata sandi (password) yang kuat dan sulit ditebak. Kebanyakan dari kasus korban peretasan, biasanya orang yang menggunakan password mudah ditebak adalah nama dan tanggal lahir atau seringkali menggunakan awalan nama dan angka berurutan.

Contoh password yang mudah ditebak:

  • agus123 [nama dan angka berurutan]
  • agus01122003 [nama dan tanggal lahir]
  • qwerty
  • 123456

Saran penggunaan password yang kuat:

  • aGuS [gunakan huruf kapital]
  • aGuS@#*^ [gunakan tanda simbol]
  • aGuS@#*^666 [gunakan angka]

2. Memilih Aplikasi Atau Website Yang Terpercaya

Sebagian pengguna media sosial kebanyakan menyepelekan anjuran ini, namun nyatanya banyak sekali pengguna yang terkena serangan “Phishing” yaitu jenis serangan yang mengelabui korbannya dengan cara berpura-pura menjadi situs yang mirip media sosial korban dan menyuruh si korban untuk memasukan username dan password.

Seperti yang anda ketahui alamat situs instagram yaitu https://instagram.com, ini adalah alamat situs media sosial yang benar, tidak ada lagi alamat situs instagram lainnya untuk anda login. Sama hal nya kepada alamat situs media sosial lainnya seperti Facebook, Tiktok, dan Twitter.

Waspada penipuan:

  • Hindari log-in media sosial ke situs yang tidak resmi
  • Jangan menginstal aplikasi media sosial versi mod
  • Jangan mengklik tautan mencurigakan
  • Ganti password secara berkala

3. Menggunakan Perangkat Terpercaya

Seringkali kita pernah login ke akun media sosial kita di perangkat orang lain seperti contoh: kita menyewa sebuah komputer di warnet untuk bersenang-senang dan login media sosial Facebook dan sering kali juga kita lupa untuk log-out akun media sosial kita di komputer warnet ketika waktunya sudah habis.

Ini bisa menyebabkan orang lain yang menggunakan komputer warnet setelah anda bisa saja mengakses akun media sosial tanpa anda sadari. Untuk itu Mimin sarankan cek di fitur keamanan akun untuk kelola perangkat apa saja yang terhubung terhadap akun anda, kemudian jika didapati adanya perangkat yang tidak dikenal segera lah log-out dan lebih baik lagi ganti password untuk lebih aman.

4. Gunakan Double Verifikasi

Double verifikasi atau verifikasi ganda adalah pilihan opsional yang berguna untuk keamanan tambahan. Misalnya dengan menambahkan nomor telfon dan alamat email anda untuk verifikasi akun media sosial.

Verifikasi ganda:

  • Tambahkan nomor telfon dan alamat email
  • Jangan gunakan password yang sama antara alamat email dan akun media sosial
  • Gunakan fitur autentikasi 2 faktor
  • Gunakan nomor telfon aktif yang selalu terhubung dengan perangkat anda

Sekian informasi yang saya share kepada anda, semoga cara ini bisa menjadi ilmu yang dapat diterapkan untuk anda dan jangan lupa share artikel ini kepada kerabat dan teman anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *