Jejak Digital adalah tapak atau riwayat anda setelah berinternet, jejak digital membuat bias antara batas privasi dan pribadi. Cukup memasukan nama lengkap mesin pencari, data anda sudah muncul di index google, meskipun kelihatan keren namun nyatanya ini sangat beresiko.

Melansir dari laman situs ditsmp.kemdikbud.go.id, jejak digital di kategorikan menjadi dua yaitu jejak digital aktif dan jejak digital pasif.

Jejak digital aktif merupakan jejak digital yang dilakukan atas peran anda sendiri (pengguna), seperti contoh unggahan media sosial, pengisian formulir data diri, dan mengirim surel.

sedangkan jejak digital pasif biasanya tanpa ada tindakan dilakukan oleh si pengguna, contohnya terekamnya lokasi, alamat IP, dan riwayat pencarian.

Nah, masalahnya, jejak digital sangat sulit hilang layaknya kantung plastik di lautan. Jejak akan tetap ada meskipun sudah memakan waktu yang sangat lama.

Hal ini cukup beresiko. Pasalnya, jejak yang ditinggalkan di dunia maya atau internet merupakan informasi yang cukup sensitif menyangkut kepribadian dan privasi anda.

Jika tidak segera dikelola, banyak pihak tidak bertanggung jawab yang bisa menyalahgunakan informasi sensitif anda. Meskipun sulit untuk menghapusnya setidaknya anda bisa melakukan cara-cara berikut.

1. Cari diri anda sendiri di internet

Cari diri sendiri di mesin pencari untuk mengecek seperti apa jejak digital anda di internet. Apabila memang ditemukannya hal yang kurang baik maka sebisa mungkin hapus jejak. Segera hapus dan sembunyikan dari penglihatan orang lain.

2. Menghapus akun media sosial dan akun belanja

Cara menghilangkan jejak digital berikutnya yakni menonaktifkan akun media sosial yang melalukan tindakan buruk, serta menonaktifkan akun belanja di situs situs toko online. Bersihkan nama baik anda dan bijaklah dalam memberikan data informasi anda kepada situs atau media sosial.

3. Menggunakan mode samaran saat menggunakan browser

Cara yang terakhir yakni mencoba fitur samaran pada browser agar riwayat anda tidak tercatat di internet dengan menggunakan incognitife mode , beberapa browser yang tersedia fitur incognitife mode seperti Google, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan Uc Browser.

bagaimana cara agar menjaga jejak digital tetap bersih?

  • Bijak sebelum menulis di manapun, seperti di media sosial dan percakapan pesan.
  • perhatikan perangkat mobile anda, pelajari lebih lanjut terhadap aturan privasi pada perangkat anda karena perangkat itulah yang memberikan akses langsung terhadap diri sendiri.
  • Gunakan akses internet untuk membangun citra positif seperti menampilkan keahlian dan bakat anda sehingga dapat menghibur serta membangun citra positif anda.
  • Jangan post sesuatu yang terlalu personal
  • Buatlah password yang kuat untuk akun media sosial anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *