Mentri komunikasi dan informatika (MenKominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang mengadakan program literasi digital gratis bagi masyarakat Indonesia.

Pemerintah akan menargetkan 50 juta masyarakat yang akan teredukasi hingga 2024 melalui Program Literasi Digital Nasional, yang diluncurkan via virtual kamis 20 Mei 2021.

Upaya ini berlangsung melalui pelatihan keterampilan dan kopetensi dibidang literasi digital, Johnny menjelaskan program literasi digital menjadi keharusan di tengah pesatnya penggunaan internet di kalangan masyarakat, Johnny menyebut ada sekitar 197 juta jumlah warganet di indonesia.

Program Literasi Digital Nasional (LDN) ini terus meningkat lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu menandakan keseriusan pemerintah dalam melakukan terobosan dan akselerasi di bidang pengembangan SDM digital,” tuturnya Johnny, dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, tempat di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis 20 Mei 2021.

Johnny juga menyebutkan pada 2021 program ini akan melakukan 20 ribu pelatihan berdasarkan kurikulum dan modul yang mencakup 4 pilar literasi digital antaranya adalah keamanan, keterampilan, etika, dan digital budaya.

“Dengan demikian, pemerintah berharap setidaknya terdapat 50 juta masyarakat Indonesia yang akan teredukasi melalui program literasi digital ini sampai tahun 2024 mendatang, dan diharapkan terus meningkat pada periode pemerintahan berikutnya hingga menjangkau 100 juta masyarakat Indonesia.” Ujarnya Johnny, Mentri Komunikasi dan Informatika.

Selain program literasi digital, Kominfo juga meluncurkan digital Challenge Scholarship yang sediakan 100 ribu beasiswa guna optimalkan pemanfaatan bidang teknologi digital seperti cloud komputing, cyber security, big data, ai, dan lainnya. Pelaksanaan program tersebut bekerja sama dengan 93 Universitas dan Politeknik di 34 Provinsi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *