Pada pekan ini tepatnya 26 Mei 2021, belakangan ini sedang ramainya di media sosial soal kabar harga paket jaringan 5G Telkomsel baru baru ini. Telkomsel sendiri adalah perusahaan operator jaringan pertama di Indonesia yang menyediakan jaringan 5G.

Setyanto Hantoro selaku direktur utama Telkomsel mengatakan bahwa dengan kualitas jaringan yang super kencang tidak akan merubah harga jaringan 5G menjadi mahal.

Pada 27 Mei 2021 dijadwalkan akan lahirnya jaringan 5G di Indonesia. Telkomsel sebagai operator jaringan seluler pertama di Indonesia ini yang menggelar jaringan 5G ini memberikan bocoran soal paket harga internetnya

“Saya kasih contoh jika harganya 1000 dengan kapasitas 10000 atau harga 500 tapi kapasitas 500, murah mana? Mungkin gambarannya seperti itu” ujar Setyanto Hantoro.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa Telkomsel dinyatakan telah melakukan uji laik operasi (ULO) 5G pada 19-21 Mei 2021. Setelah melalui proses ULO 5G tersebut, Telkomsel telah dinyatakan lulus.

  • Datang 5G lalu bagaimana nasib 4G?

Indonesia sudah memasuki era jaringan 5G, usai Telkomsel menerima surat keterangan laik operasi (SKLO) dari Menkominfo. Dengan diterimanya surat keterangan ini menjadikan Telkomsel semakin dekat dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

“Pagelaran layanan 5G ini menandai bahwa sekarang ini Indonesia sudah memasuki tahapan stimultaneous operations 4G dan 5G” ujar sang Mentri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) bapak Jhonny G Plate.

Artinya bahwa kehadiran 5G di Indonesia tidak akan menggusur layanan 4G, karena pada tahapan simulasi pengembangan ini, jaringan 4G juga sangat dibutuhkan untuk sebagai basis operasional 5G.

Karenanya itu perintah masih melakukan tahap pemerataan jaringan 4G di daerah yang belum terjangkau jaringan internet. Untuk sementara itu, jaringan 5G hanya di kembangkan di wilayah komersial dan wilayah prioritas saja. Dari berdasarkan data riset terakhir menunjukan bahwa ada 83,218 desa/kelurahan di Indonesia dan 12,548 desa/kelurahan di antaranya masih belum mendapatkan akses jaringan 4G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *