Penyimpanan hp Android Anda dapat terisi dengan cepat. Salah satu penyebabnya adalah aplikasi yang Anda gunakan secara teratur membuat file baru yang menyimpan informasi aplikasi tersebut.

File data sementara ini dikenal sebagai cache , dan sebagian besar ruang penyimpanan hp Android Anda mungkin diisi dengan file cache. Mari kita lihat apa itu file cache aplikasi dan cara menghapus cache di Android.

Apa Itu cache?
Hp Anda menggunakan data sementara yang disimpan dalam file cache supaya bisa dengan cepat mengingat informasi terkait saat Anda membuka aplikasi. Misalnya, Spotify mungkin menyimpan daftar putar yang paling sering Anda gunakan sehingga Spotify tidak perlu memuat daftar lagu mereka setiap kali Anda membukanya. Chrome mungkin terdapat cache gambar besar di situs web yang Anda kunjungi secara teratur, sehingga tidak perlu mengunduh gambar setiap kali Anda membuka halaman.

Cache tidak hanya digunakan oleh hp Android Anda ini juga merupakan fungsi dari browser desktop dan perangkat lunak lainnya. Tanpa cache, perangkat Anda harus memuat ulang gambar dan elemen lain setiap kali Anda mengaksesnya, yang tidak efisien.

Cara Menghapus Cache Di Hp Android
Pada versi Android modern, Anda perlu menghapus file cache untuk setiap aplikasi satu per satu. Perhatikan bahwa Anda jarang menghapus semua cache di perangkat Anda. Dalam kebanyakan kasus, membersihkan cache dari beberapa aplikasi bermasalah dapat menyelesaikan masalah penyimpanan atau kinerja.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus data cache aplikasi Android.

  1. Buka Pengaturan dan pilih Penyimpanan .
    2. Di daftar yang muncul ketuk entri Aplikasi Lain . Ini akan membawa Anda ke daftar semua aplikasi yang terpasang di hl Anda.
    3. Pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus. Untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan ruang paling banyak, ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Urutkan menurut ukuran . Kami akan menggunakan Chrome sebagai contoh.
    4. Pada halaman info aplikasi, ketuk opsi Hapus Cache.

Hanya itu yang perlu Anda lakukan untuk menghapus file cache aplikasi apa pun di ponsel Android Anda. semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *