Menurut Saya pribadi rencana Cloudflare ingin Mematikan Captcha agar mempercepat akses menuju web atau situs adalah hal yang tepat, karena captcha sangat mengganggu ketika pengunjung ingin mengunjungi sebuah situs. Captcha akan memaksa para pengunjung untuk membuktikan kemanusiaanya (bukan robot), meski ini baik untuk keamanan situs namun captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) rata – rata membutuhkan waktu 32 detik untuk bisa membuktikan kemanusiaan pengunjung situs.

Dengan lebih dari 4,6 miliar pengguna, pengamat mengatakan bahwa meskipun pengguna melihat captcha setiap 10 hari sekali. Itu sama dengan 500 tahun waktu manusia terbuang sia-sia. Untuk itu Cloudfalre mempunyai rencana perihal ini.

“Hari ini menandai awal dari berakhirnya hidran kebakaran, zebra cross, landasan pacu, mobil, perahu, dan lampu lalu lintas di Internet,” kata perusahaan itu, seraya menambahkan bahwa mereka akan menggantikan tantangan CAPTCHA dengan Yubikeys.

Yubikeys atau yubico adalah standar otentikasi global baru, memungkinkan satu kunci keamanan tunggal untuk mengakses jaringan, ponsel, dan komputer dengan satu sentuhan sederhana. Penemuan itu disebut Yubikey.

Dengan standar otentikasi baru ini pengguna hanya membutuhkan waktu 5 detik dan 3 klik untuk membuktikan bahwa mereka bukan robot (BOT). Perangkat yang berbentuk USB ini bekerja di semua browser internet di IOS 14.5, masOS, Ubuntu, dan Windows, sementara android harus menggunakan browser chrome.

By Akbar Wira

Anak Soleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *