Apakah laptop atau desktop Anda berjalan lambat? Apakah ada pemberitahuan pop-up “Memori Tidak Cukup”? Jika demikian, bisa jadi komputer Anda memakan lebih banyak sumber daya Random Access Memory (RAM) dari yang tersedia. Soalnya, RAM bertanggung jawab atas kinerja PC Anda. Semakin besar RAM, semakin cepat mesin Anda dan semakin banyak program yang akan berjalan secara bersamaan.

Jika Anda bosan dengan kinerja yang lambat, dan berpikir untuk membeli RAM stick lain, tahan pikiran itu sejenak. Pertama, upgrade RAM Anda tidak murah. Plus, tidak semua jenis laptop dapat diupgrade. perlu anda ketahui bahwa Anda dapat menambah RAM di komputer Windows 10 Anda tanpa membelinya?

Dalam posting ini, kami akan membahas beberapa cara terbaik untuk menambah RAM pada PC Windows 10, menghemat biaya untuk membeli stik RAM tambahan.

Cara Menambah RAM di Windows 10
1.Restart Komputer Anda

Restart PC Anda mungkin salah satu cara termudah untuk mengosongkan RAM Anda. Jika Anda sering menghibernasi laptop alih-alih mematikannya, mungkin ada beberapa program latar belakang yang berjalan yang bahkan tidak Anda ketahui. Restart sederhana dapat membersihkan RAM dan meningkatkan kinerja PC Anda.

Meskipun metode ini tidak akan meningkatkan RAM Anda, metode ini akan membersihkan cache dan kemungkinan akan menyelesaikan beberapa masalah komputer yang mungkin memengaruhi kinerja.

2.Tutup Semua Aplikasi yang Tidak Perlu
Jika Anda menjalankan beberapa aplikasi, mereka mungkin menggunakan terlalu banyak memori, sehingga memperlambat komputer Anda. Aplikasi seperti Adobe dan Google Chrome, adalah sumber daya yang sangat terkenal.

Cara terbaik untuk memeriksa program yang menyedot memori PC Anda adalah melalui Windows Task Manager. Untuk mengakses alat yang berguna ini, tekan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc. Di bawah kategori Proses, periksa kolom Memori dan identifikasi aplikasi yang mendaftarkan penggunaan tinggi yang tidak normal. Setelah Anda melakukannya, klik kanan mereka satu per satu, dan pilih Akhiri Tugas.

3. Nonaktifkan Program Startup yang Tidak Anda Gunakan
Sejak pertama kali Anda memperoleh komputer, Anda harus mengunduh dan menginstal lusinan program. Mungkin Anda lupa tentang beberapa program ini, dan mereka hanya menghabiskan ruang dan memori yang berharga.
Untuk memeriksa program startup di komputer Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Luncurkan Task Manager menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc, dan pindah ke tab Startup untuk memeriksa program yang telah diaktifkan.
  2. Identifikasi program yang jarang Anda gunakan, dan periksa apakah program tersebut berdampak rendah, sedang, atau tinggi pada waktu boot komputer Anda.
  3. Klik kanan pada setiap program dan pilih Nonaktifkan. Ulangi proses untuk semua program yang tidak Anda perlukan.

Sekian tutorial dari kami walaupun terbilang simple tapi cara ini cukup efektif buat mengurangi kapisitas penggunaan RAM komputer anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *